Rabb dan Dunia
"Dia, yang pertolongan-Nya kita mohonkan,
tentu mampu membuat perdagangan kita
tak pernah rugi.
Dia yang yang mengubah api Namrud
Dia yang yang mengubah api Namrud
menjadi mawar dan pepohonan,
tentu juga bisa membuat dunia kita ini
jadi tanpa-api. [1]
Dia yang memekarkan mawar
Dia yang memekarkan mawar
dari tengah kumpulan duri,
tentu mampu mengubah musim dingin ini
menjadi musim semi.
Dia yang membuat setiap cemara lurus dan bebas
Dia yang membuat setiap cemara lurus dan bebas
tentu kuasa mengubah sedih menjadi gembira.
Dia yang membuat ketiadaan menjadi keberadaan:
Dia yang membuat ketiadaan menjadi keberadaan:
takkan Dia direndahkan,
jika ciptaan dibuat-Nya abadi.
Dia yang memberi raga suatu ruh,
sehingga hiduplah ia;
apa ruginya Dia jika dibuatnya kita
tak perlu mati?
Mengapa Sang Maha Pemurah,
Mengapa Sang Maha Pemurah,
tak menganugerahkan saja,
semua yang diinginkan setiap hamba;
tanpa mereka perlu susah-payah berusaha?
tanpa mereka perlu susah-payah berusaha?
Dan mengapa tak dijauhkan-Nya,
sang hamba yang lemah,
dari kelicikan syahwatnya,
dan dari godaan syaithan;
yang selalu siap menyergap?
Sang Hakim menjawab:
"Jika tiada perintah yang pahit,
jika tiada beda baik dengan jahat,
jika tiada beda batu dengan mutiara,
Dan jika tiada hasrat ragawi,
Dan jika tiada hasrat ragawi,
tiada hawa-nafsu dan syaithan,
dan tiada pukulan, pertempuran atau perang,
Lalu dengan nama atau gelar apa
Lalu dengan nama atau gelar apa
Sang Raja akan menyebut hambanya,
wahai penanya yang lalai?
Bagaimana Dia akan menyebut:
Bagaimana Dia akan menyebut:
'Wahai hamba yang sabar,
Wahai hamba yang tabah?'
Bagaimana Dia akan memanggil:
Bagaimana Dia akan memanggil:
'Wahai hamba yang pemberani,
Wahai hamba yang bijak?'
Bagaimana akan terbentuk hamba yang sabar,
Bagaimana akan terbentuk hamba yang sabar,
hamba yang tulus-ikhlas,
hamba yang lazim berinfak,
tanpa kehadiran penyamun
dan syaithan yang terkutuk?
Rustam dan Hamzah,
atau tukang selingkuh,
jadi tidak bisa dibedakan; [2]
pengetahuan dan kebijaksanaan akan musnah,
tak berarti.
Adanya pengetahuan dan kebijaksanaan itu
Adanya pengetahuan dan kebijaksanaan itu
untuk membedakan jalan lurus dengan jalan buntu:
jika semua jalan sama saja,
pengetahuan dan kebijaksanaan tak ada gunanya.
Apa menurutmu pantas,
Apa menurutmu pantas,
jika ke dua semesta ciptaan dihancurkan,
untuk memenuhi hasrat jiwa rendah? [3]
Tentu saja aku paham
Tentu saja aku paham
bahwa engkau telah termurnikan,
dan bukan lagi yang masih mentah;
dan engkau tanyakan ini, semata untuk
mengajari mereka yang masih kasar.
Kejamnya Sang Waktu dan semua derita yang
Kejamnya Sang Waktu dan semua derita yang
mewujud itu lebih ringan daripada jarak
kepada Rabb dan pengingkaran.
Karena derita itu akan berlalu, tetapi
tidak demikian dengan jarak kepada Rabb.
Insan yang dianugerahi kebahagiaan sejati
hanyalah mereka yang datang kepada-Nya
dengan jiwa yang bangun dan mengenal-Nya."
Catatan:
[1] Kami berfirman: "Hai api menjadi dinginlah,
dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim"
(QS [21]: 69).
Maksud bait ini, jika Dia berkehendak,
tentu Tuhan berkuasa membuat hidup
kita selalu sejuk dan nyaman tanpa ada ketetapan
atau kejadian yang 'memanggang.'
[2] Rustam, pahlawan Persia, periksa tautan ini:
http://en.wikipedia.org/wiki/Rostam
Hamza ibn ‘Abdul-Muttalib, paman dan salah satu
pembela utama Nabi Muhammad SAW di masa awal
dakwah Beliau. Periksa tautan ini:
http://en.wikipedia.org/wiki/Hamza_ibn_%E2%80%98Abd_al-Muttalib
Tukang Selingkuh, sebuah istilah untuk mengecam
para pencari awal, yang terkadang mencari Tuhan,
terkadang mencari ciptaan.
[3] Ke dua semesta: yang tampak dan tidak-tampak.
Maksudnya, apakah pantas meniadakan saja ke dua semesta
(yang didesain sebagai alat-didik pembentuk kesempurnaan
insan) semata demi menjamin terpenuhinya selera
kenyamanan hidup ragawi, sebagaimana dihasratkan para
pecinta dunia.
Sumber:
Rumi, Matsnavi VI: 1739 - 1757
Diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh Nicholson.
Komentar